Kumpulan Ceramah Ahlus Sunnah Wal Jamaah

Rekaman MP3 pengajian majelis rasulullah, majelis al-bahjah, majelis ar-raudhah dan masih banyak koleksi ceramah aswaja lainnya.

Tuesday 24 February 2015

[MP3-DAKWAH] Kajian ASWAJA Golongan Yang Selamat - KH Muhammad Idrus Ramli

MP3 Kajian ASWAJA : Golongan Yang Selamat - Sahabat semua ayo kita simak kajian islam ahlussunnah wal jamaah bersama KH muhammad idrus ramli tentang siapa itu ahlussunnah wal jamaah.
MP3 kajian islam ini sangat penting kita ketahui agar menjadi golongan orang-orang yang selamat.
berikut isi sebagian kajian yang ada di audio mp3 ini :

Apa itu ASWAJA?
ASWAJA adalah singkatan dari Ahlussunnah Wal Jamaah. Apa ahlussunnah Wal Jamaah itu? ahlussunnah wal jamaah merupakan istilah yang terbentuk dari tiga komponen. yang pertama ahlul, yang ke dua assunnah, yang ke tiga al jamaah.

jadi untuk mengetahui makna ahlussunnah wal jamaah kita harus mengetahui satu per-satu makna dari ketiga kalimat ini ahlul oleh para ulama di artikan dengan ada yang bermakna keluarga, ahlul bait keluarga dalam rumah tangga ada yang bermakna pengikut ahlussunnah pengikut sunnah, ada yang bermakna penduduk ahlul jannah penduduk surga.

Nah, ahlul dalam istilah ahlussunnah wal jamaah ini jelas mengambil makna yang kedua yang bermakna pengikut ini seperti di terangkan dalam literatur bahasa arab kitab al-kulliyat dan lain sebagainya.

Kemudian makna assunnah :
Apa makna assunnah? assunnah secara kebahasaan bermakna jejak dan langkah atau prilaku dan tindakan atau keyakinan dan amaliyah. Secara syar'i assunnah yang terdapat dalam istilah ahlussunnah wal jamaah bermakna jejak yang di ridhoi oleh alloh menjadi tindakan dalam agama dan pernah di tempuh oleh rosulullah S.A.W atau orang yang menjadi panutan dalam agama seperti para sohabat.

Jadi definisi assunnah yang terdapat dalam istilah ahlussunnah wal jamaah ini berbeda dengan definisi assunnah yang terdapat dalam ilmu fiqih, ushul fiqih dan lain sebagainya.

Kalau dalam ilmu hadis dan ushul fiqih assunnah definisinya segala apa yang datang dari nabi berupa ucapan, perbuatan maupun tindakan. Kalau dalam ilmu fiqih, anak-anak kita hapal sunnah itu sesuatu yang dapat pahala bila di kerjakan dan tidak mendapat siksa bila di tinggalkan. Nah, assunnah yang terdapat dalam istilah ahlussunnah wal jamaah memiliki makna yang berbeda yaitu jejak, prilaku atau keyakinan yang diridhoi oleh alloh menjadi tindakan dalam agama serta pernah dilakukan oleh rasulullah S.A.W atau orang yang jadi panutan dalam agama. Ini seperti di tegaskan oleh hadrotu syaikh  kyai hasyim asy'ari dalam kitabnya risalah ahlussunnah wal jamaah halaman 5.
beliau mengambil dari kitab al-kulliyat karanganya abul baqo al kafani.

Kemudian Al jamaah :
Apa makna Al-jamaah ? Al-jamaah secara kebahasaan maknanya menjaga kekompakan, kebersamaan dan kerukunan sebagai kebalikan dari kata al furqoh golongan yang betrcerai berai dan berpecah belah ini al jamaah. Dikatakan al-jamaah karena golongan ini selalu memelihara kekompakan, kebersamaan dan kerukunan terhadap sesama. Meskipun terjadi perbedaan pandangan di kalangan mereka, perbdaan tersebut tidak melahirkan sikap saling mengkafirkan, mem-bid'ahkan dan memfasikan sesama mereka.

Imam hanafi berbeda dengan muridnya imam abu yusuf dan muhammad bin hasan. imam syafi'i berbeda dengan gurunya sendiri imam malik bin anas dalam ribuan mas'alah. Meskipun berbeda diantara mereka tetap rukun, harmonis tidak saling membid'ahkan apalagi mengkafirkan, ini makna al-jamaah.

Untuk mendengarkan kajian islam golongan yang selamat selengkapnya silahkan download kajian aswaja tentang golongan yang selamat.

Kita wajib mengetahui tentang golongan yang selamat, berikut kajian aswaja yang bisa anda download langsung melalui hp maupun PC .

Play

Description: [MP3-DAKWAH] Kajian ASWAJA Golongan Yang Selamat - KH Muhammad Idrus Ramli

0 comments:

Post a Comment